HMINEWS.Com – Forum Pemimpin Redaksi dideklarasikan untuk mempersatukan dan memajukan dunia pers Indonesia. Deklarasi dilakukan oleh 55 pemimpin media cetak, online dan elektronik di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Dipimpin Redaktur Tempo, Wahyu Muryadi, deklarasi menunjuknya sebagai ketua forum dan dia menyatakan kesiapannya. Dengan forum itulah nantinya semua kebutuhan anggota diakomodir, seperti jika ada pemimpin redaksi yang merasa medianya terancam, forum akan membantu penyelesaiannya.

“Begitu juga bila ada reporter yang mengadukan pemrednya yang bersikap otoriter, maka yang bersangkutan akan dimintai penjelasan atas perbuatannya itu,” sambung Wahyu.

Tidak hanya itu, manfaat positif lainnya adalah dengan forum tersebut bisa saling berbagi informasi, membahas berbagai hal penting yang menyangkut dunia pers di tanah air.

Pengawas Forum Pemred, Ilham Bintang menyatakan tujuan forum mencakup tiga ancaman terhadap pers Indonesia yang perlu diselesaikan, yaitu ancaman eksternal (fisik) seperti perusakan kantor dan intimidasi, serta ancaman dari sesama insan pers yang tidak menaati kode etik.

Selain itu juga masalah kesejahteraan wartawan di berbagai media yang dinilai belum memadai, akan diupayakan penyelesaian agar wartawan dapat menjalankan tugas secara profesional. []