HMINEWS.Com – Baru sehari puasa, harga sejumlah komoditas di pasar sudah melonjak. Pantauan HMINEWS di Purwakarta, harga daging sapi naik hingga Rp20.000, dari Rp60.000 per kilogram menjadi Rp80.000 per kilogram.

Menurut pedagang, lonjakan harga dikarenakan tingginya permintaan, sedangkan persediaan daging tetap. “Kami terpaksa menaikan harga karena stok juga terbatas, sementara permintaan tinggi,” kata salah seorang pedagan, Engkus (47), Sabtu (21/7/2012).

Tidak hanya harga daging sapi yang melambung tinggi, daging ayam pun mengalami lonjakan, dari Rp27.000 per kilogram menjadi Rp34.000 per kilogram. Kenaikan tersebut dikeluhkan ibu-ibu yang berbelanja. Mereka mengaku kecewa dan khawatir kenaikan akan berlanjut hingga Lebaran tiba.

“Terpakasa ngirit puasa tahun ini, gimana lagi, harga ayam naik terus,” kata Etti, seorang pembeli.

Sementara harga kebutuhan lain seperti minyak goreng masih fluktuatif di kisaran Rp27.000 per kilogram. Hingga berita ditulis belum ada sikap resmi Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengenai lonjakan harga tersebut. Ironis, harga yang beredar di pasaran berbeda jauh dengan keputusan yang dikeluarkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan UKM Purwakarta.

Asep Riyadi