HMINEWS.Com – Setiap menjelang puasa dan lebaran harga kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan. Kenaikan harga kebutuhan bahan pokok ini merupakan masalah yang cukup sulit karena sudah menjadi tradisi jika menjelang puasa dan lebaran. Masyarakat disulitkan dengan kondisi itu.

Kenaikan tersebut seolah tak terelakkan, mengingat permintaan akan kebutuhan pokok memang naik, dengan tidak disertai kesiapan pasokan, sehingga sesuai hukum pasar, harga naik.

”Dari kondisi itu seharusnya pemerintah mengambil langkah konkrit untuk mencegah kenaikan harga yang sangat signifikan. Apalagi naiknya sangat besar, tentu menyulitkan masyarakat miskin. Kondisi ini yang harus diperhatikan oleh Pemerintah,” ujar mantan Ketua Umum PB HMI, Muhammad Chozin via telp pada wartawan hminews, Kamis (19/7/2012).

Menurut Chozin yang juga salah satu pendiri Suluh Nusantara tersebut, di era Soeharto, pemerintah mengontrol harga kenaikan kebutuhan pokok melalui radio dan media lainnya, sehingga tengkulak, spekulan dan distributor nakal tidak memainkan harga.

”Pemerintah pusat perlu berkoordinasi dengan Pemda di daerah untuk mengontrol kenaikan kebutuhan pokok. Karena Pemda yang lebih mengetahui permasalahan di lapangan. Pemda juga yang lebih mengetahui perkiraan angka peningkatan permintaan atas bahan kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat di daerahnya masing-masing,” tandasnya.

Hati HMS