HMINEWS.COM

 Breaking News

Kafilah MTQ Asal Banten Menginap Di Keuskupan Ambon

June 07
14:23 2012

HMINEWS.Com – Kerukunan antar pemeluk agama di Indonesia, yang belakangan selalu diberitakan miring, kini mendapat angin segar. Seperti terjadi dengan salah satu kafilah MTQ Nasional XXIV 2012 di Ambon.

Kafilah MTQ (Musabaqoh Tilawati Qur’an) Nasional XXIV 2012 berdatangan dari seluruh penjuru tanah air ke Ambon, tak terkecuali kafilah asal Banten. Di Keuskupan Diosis Amboina di Kawasan batu Gaja Ambon itulah kafilah asal Banten menginap.

Anggota kafilah Provinsi Banten yang menginap di sana antara lain Wakil Ketua DPRD Banten, Asisten III Banten, Rektor Universitas Tirtayasa Banten, Prof Dr Hidayat, serta belasan anggota kafilah lainnya. Mereka dijamu secara hangat dan kekeluargaan, jauh dari nuansa konflik.

Menurut Uskup, sudah menjadi tanggungjawabnya escara moral untuk mempererat persaudaraan. Juga sebagai wujud dukungan terhadap suksesnya MTQ Nasional.

“Saya bersyukur sekali. Inilah wujud tanggung jawab moral umat Katolik di Maluku dalam mendukung dan menyukseskan MTQ di Kota Ambon,” kata Uskup.

Upaya tersebut telah ditempuh jauh hari dengan meminta izin ketua panitia MTQ untuk memberikan tumpangan bagi sebagian kafilah MTQ di keuskupan.

”Saya meminta kepada ketua panitia agar ada anggota kafilah yang ditempatkan di Keuskupan dan saya jamin mereka,” ungkapnya, Kamis (7/6/2012).

Anggota kafilah Provinsi Banten mengaku nyaman dapat menginap dan diterima sebagai saudara di keuskupan.

“Ini sesuatu hal yang sangat unik yang sulit ditemukan di manapun, saya sangat senang dan tidak ada kekhawatiran sedikit pun,” kata Asisten III Kabupaten Banten, Uetik.

Kerukunan tersebut sebenarnya telah dicontohkan para tokoh bangsa di masa lampau. Seperti yang terjadi antara M Natsir dengan IJ Kasimo, yang masing-masing memperjuangkan secara konsitutusional ideologi yang berbeda, bahkan kerap berdebat sengit. Namun begitu berada di luar forum kembali rukun dan saling memberi tumpangan. []

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.