HMINEWS.Com –  Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badko Jawa Bagian Tengah dan Timur dilantik. Pelantikan digelar di Ruang Sidang Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar HMI, Alto Makmuralto yang juga berbicara pada seminar pelantikan dengan tema “Menata Ulang Peran Gerakan HMIdalam Mewujudkan Masyarakat yang Tamaddun.”

“Badko harus terus mengembangkan komunitas kreatif serta fokus internal, yaitu dengan pengembangan cabang, serta tidak usah lagi terlalu disibukkan dengan demo. Mengurus perkaderan cabang serta pembinaan cabang yang baru berdiri,” kata Alto Makmuralto, Ahad (24/6/2012).

Menurutnya persoalan perkaderan merupakan persoalan utama yang sangat mendesak untuk disegarkan. Jika tidak, dia khawatir dalam tiga tahun ke depan akan ada lost generation di tubuh HMI.

“Jika HMI tidak serius menguatkan basis perkaderannya dalam tiga tahun ke depan, maka akan ada bencana besar menimpa HMI tiga tahun dari sekarang,” lanjutnya sungguh-sungguh.

Sementara Ketua Umum Badko, Danang Tri Hartanto menyatakan akan mengembalikan HMI ke masyarakat dan tidak melulu berorientasi kampus.

“Wilayah perkaderan harus diarasakan langsung masyarakat, kegiatan-kegiatannya mengakomodir masyarakat. Kampung oriented bukan kampus oriented. Tidak cuma diskusi filsafat, tapi disesuaikan dengan kebutuhan masyarakatnya,” tandas Danang.

Selain Danang, pengurus Badko yang dilantik tersebut di antaranya ada Deiniatur (asal HMI Purworejo), Wahid (Yogyakarta), Muhaz (Semarang) dan Irsal.

Rusdi