HMINEWS.Com – Tim SAR telah mengevakuasi 39 kantong jenazah dari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak. 30 kantong sudah ada di RS Polri, Kramat Jati dan 9 di lokasi kejadian dan belum bisa dibawa ke Jakarta karena faktor cuaca.

“Hingga sekarang ini sudah 30 kantong jenazah yang dievakuasi di Rumah Sakit Polri. Sekarang ini sebenarnya sudah ada 5 di atas dan 4 di bawah, apabila besok bisa dievakuasi ada 9,” kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya Daryanto di Halim Perdana Kusumah, Rabu (16/5/2012).

Selain itu kotak hitam pun telah ditemukan meski belum seluruh bagiannya dan dipastikan tim dari Rusia tidak akan terlibat dalam proses transkrip CVR (Cockpit Voice Recorder, rekaman suara kokpit).

“Kalaupun berpartisipasi hanya sebatas membantu saja,” ujar Masruri, Ketua Sub Komite PKT Udara dalam jumpa pers di tempat yang sama.

Ketentuan tersebut sesuai Annex 13 Konvensi Chicago 1944 tentang investigasi kecelakaan pesawat. Pihak Rusia bisa terlibat sebatas membantu kelancaran. CVR sudah ada di Kantor KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. []