HMINEWS.Com – Marinir Amerika Serikat (United States Marine Corps/ USMC) mengaku senang bisa latihan bersama marinir Indonesia. Mereka telah menjalani latihan selama seminggu, sejak Kamis (10/5/2012) lalu dan berakhir hari ini.

“Kami sangat senang bisa bertukar ilmu dengan Marinir Indonesia,” kata pemimpin USMC, Letkol Monbouquette saat penutupan latihan bersama di Markas Batalyon Infanteri-5 Marinir, Ujung, Surabaya, Rabu (16/5/2012).

Karenanya mereka berharap latihan tersebut dapat terus berlanjut untuk menjalin kerjasama antara Marinir Amerika dengan Marinir Indonesia.

Latihan bersama bersandi “Marine Air Ground Task Force-Tactical Warfare Simulation” (MTWS) itu dipimpin Komandan Satgaslat Letkol Marinir Amir Kasman yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir.

Menurutnya latihan tesebut berguna untuk mewujudkan profesionalisme marinir dalam penanganan pasca-bencana alam di suatu wilayah.

“Latihan itu dapat meningkatkan kemampuan dalam hal perencanaan, manajemen, koordinasi dan pengerahan militer pascabencana sehingga pemberian bantuan dapat dilaksanakan secara tepat, tepat guna, dan tepat sasaran,” kata Letkol Amir Kasman. []