HMINEWS.Com –  Kerajaan Arab Saudi akhirnya mengulur waktu hukuman mati bagi empat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mendapatkan pemaafan dari keluarga majikan. Hal itu menyusul upaya surat Presiden SBY kepada Raja Arab Saudi meminta perpanjangan waktu.

“Pemerintah menyambut baik respon Raja Arab Saudi terhadap surat dari Presiden RI terkait warga Indonesia yang menghadapi hukuman mati. Mengingat Rjaa Arab Saudi sudah memberikan perpanjangan waktu tiga bulan bagi WNI yang terancam hukuman mati untuk bisa melakukan pembelaan lanjutan,” kata Jubir Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, Jumat (4/5/2012).

Dengan adanya perpanjangan waktu tersebut, pihak RI terus berupaya memintakan maaf pada keluarga majikan ketiga TKI yang membunuh majikan. Menindaklanjuti hal itu, lanjut Tene, Menlu Marty Natalegawa akan ke Arab Saudi membahas permasalahan TKI, 8 Mei nanti.

Selain surat permintaan penangguhan dari Presiden SBY, hal yang turut mempengaruhi kebijakan Arab Saudi adalah moratorium (penundaan) pengiriman TKI ke Arab Saudi, padahal negara tersebut sangat membutuhkan TKI, khususnya untuk pembantu. Perpanjangan waktu dikeluarkan langsung Raja Arab Saudi Kamis (3/5/2012) kemarin. []