HMINEWS.Com – Tiga wartawan Indonesia ditangkap Polisi Diraja Malaysia saat meliput di sekitar lokasi penembakan tiga TKI (Tenaga Kerja Indonesia) asal NTB. Penangkapan tersebut mengundang reaksi dari dalam negeri.

“Demi menjaga hubungan baik dan kehormatan bersama dalam menjunjung keterbukaan informasi, saya meminta pemerintah Malaysia dapat segera membebaskan tiga wartawan Indonesia sekaligus memperlakukannya secara baik dan bermartabat,” kata Kepala BNP2TKI (Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), Jumhur Hidayat, Rabu (9/5/2012).

Ketiga wartawan tersebut adalah Muhammad Fauzi (Media Indonesia), Zen Teguh Triwibowo (Sindo) dan Ilham Khoiri (Kompas). Mereka ditangkap saat melaksanakan pekerjaan jurnalistik di Port Dickson, Negeri Sembilan, tempat tiga TKI ditembak mati.

Jumhur mengingatkan negeri jiran tersebut bahwa ketiga wartawan hanya melaksanakan tugas jurnalistik dan Malaysia tidak punya alasan menahan mereka yang tengah berupaya mengungkap kematian tiga TKI beberapa lalu. Apalagi keberangkatan ketiga wartawan adalah untuk menyertai tim DPD yang mewakili kepentingan negara maupun rakyat Indonesia. []