HMINEWS.Com – Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang hilang di seputar Gunung Salak, Jawa Barat memuat 50 orang, terdiri dari 42 penumpang dan 8 kru pesawat yang tengah menjalani penerbangan promosi kedua tersebut.

“Dalam penerbangan kedua, pesawat Sukhoi mengangkut 50 orang. Sebanyak 42 orang adalah penumpang dan 8 sisanya adalah kru pesawat,” ujar Sunaryo dari PT Trimarga dalam konferensi pers di Halim Perdanakusuma.

Pesawat lepas landas dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (9/5/2012) dan dinyatakan hilang kontak pada pukul 15.30.

Menurut keterangan, 42 penumpang tersebut termasuk dalam 100-an penerima undangan untuk demo penerbangan, yang mayoritas dari kalangan pebisnis di bidang penerbangan. Pesawat tersebut dikemudikan pilot Yablontsev dari perusahaan yang memproduksi pesawat sipil komersil tersebut.

Selain pilot, dua ada Direktur Penjualan Evgeny Grebenshchikov dan Manajer Kontrak Kristina Kurzhukova dalam pesawat yang dipromosikan ke berbagai maskapai penerbangan di Indonesia seperti Batavia Air, Air Aviastar dan Sriwijaya Air.

Kecelakaan tersebut dinilai  Richard Abolafia, seorang pengamat penerbangan di Fairfax, Virginia, sebagai kemunduran industri penerbangan Rusia, meski belum jelas diketahui apa penyebabnya.  Tim SAR gabungan sudah diturunkan untuk melacak keberadaan pesawat nahas tersebut. []