HMINEWS.COM

 Breaking News

Dianggap Kampus Kapitalis Liberal, UGM Didemo Mahasiswa

May 04
11:51 2012

HMINEWS.Com – Memperingati Hari Pendidikan Nasional, sejumlah mahasiswa mendemo Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dianggap sebagai simbol kampus liberal dan kapitalis.

“UGM adalah simbol kampus liberal dan kapitalis, karena dahulu kampus ini dibuat untuk kampus rakyat dan kampus perlawanan, tapi mengapa kampus ini hanya diperuntukkan hanya bagi kaum bermodal saja?” kata Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Cabang Yogyakarta, Zuhad Aji Firmantoro, Kamis (3/5/2012).

Dalam aksi tersebut HMI MPO bealiansi dengan FMN (Front Mahasiswa Nasional), Pembebasan dan SMI (Serikat Mahasiswa Indonesia). Aksi dimulai dari Universitas Islam Indonesia (UII) di Jalan Cik Di Tiro, long march menuju Bundaran UGM.

Usai dari UGM, aksi dilanjutkan dengan pawai sepeda motor menuju Jalan Abu Bakar Ali, Gedung DPRD DIY. Pengunjukrasa ditemui sejumlah anggota dewan.

Tidak hanya sampai di situ, setelah dialog, massa kembali bergerak ke Jalan Malioboro dan menggelar pertunjukan treatikal dengan tema mahalnnya pendidikan di Indonesia khususnnya di Yogyakarta sebagai kota pelajar. Aksi ini sempat memacetkan Jalan Maloboro sepanjang 7 KM. Sambil bergantian orasi menuju Titik Nol Yogyakarta.

Selain menyuarakan pendidikan murah, mahasiswa juga menuntut perbaikan kualitas dan kesejahteraan guru, serta menolak RUU Perguruan Tinggi yang dinilai dapat mengungkung kreatifitas mahasiswa.

“Pendidikan murah bagi rakyat, perbaikan kesejahteraan dan kualitas guru merupakan kunci menyongsong Indonesia bermartabat. Kami juga menolak RUU PT dan liberalisasi pendidikan karena dapat mengkerangkeng kreatifitas mahasiswa,” tandas Muhtar. (Harun)

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.