HMINEWS.Com – Terreduksinya nilai-nilai keislaman hari ini disebabkan minimnya pemahaman akan cita kader ulul albab. Hal itu berdampak tidak hanya pada spiritualitas pribadi, namun juga pada gerak langkah organisasi.

 “Tereduksinya nilai-nilai keislaman hari ini disebabkan minimnya pemahaman  akan cita kader yang amat ideal tersebut. Semoga tema dalam kegiatan perkaderan ini mampu mewujudkan cita tersebut,” kata Ketua Umum HMI (MPO) Komisariat FKIP Unhalu, Jufra Udo dalam pembukaan Latihan Kader (LK) 1, Jum’at (13/4/2012) lalu.

Itulah yang melatarbelakangi diadakannya LK 1 (basic training) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Kendari. Mengambil tema “Penguatan Spirit Perkaderan dan Perjuangan HMI: Upaya Mengaktualisasikan Terbentuknya Insan Ulul Albab.”

“Ini merupakan sebuah upaya untuk mengaktualisasikan spirit kader yang terkonsepsikan dalam karakter insan ulul albab. Karakteristik insan cita HMI inilah yang diharapkan mengintegrasi dalam kedirian setiap kader,” kata Ketua Panitia LK1 Angkatan III, Kurayshihab.

Kegiatan yang berlangsung 13-16 April 2012 tersebut bertempat di Gedung PPID Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Diikuti 37 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

HMI Cabang Kendari, selain meningkatkan efektivitas kepengurusan cabang, juga mendorong komisariat-komisariat yang ada untuk terus menyelenggarakan perkaderan. Setiap kader harus mengoptimalkan fungsi intelektualnya sebagai mahasiswa dalam menghadapi tantangan zaman.

“Saya mewakili pengurus Cabang sangat mengapresiasi semangat kawan-kawan Komisariat FKIP Unhalu yang telah mengadakan kegiatan ini dan kami akan terus mendorong komisariat-komisariat yang ada untuk terus melakukan perkaderan sebagai kelanjutan hidupnya organisasi HMI (MPO) ini,” kata Ketua Umum HMI Cabang Kendari, Syarifuddin Reeno.

Disamping itu, pihak Komisariat pun harus senantiasa mendampingi kader-kader lepasan Basic Training semisal dalam bentuk kajian follow up, yang sekarang banyak ditinggalkan begitu saja pascapelaksanaan basic training. (LAPMI Kendari)