HMINEWS.Com – DPR disinyalir akan menggunakan mekanisme voting dalam Rapat Paripurna membahas Parliamentary Treshold (PT), Rabu (11/4/2012) besok. Sebagai langkah untuk menjegal partai-partai kecil dalam Pemilu 2014 mendatang.

Kekhawatiran itu muncul terutama karena partai besar yaitu Parta Demokrat dan Golkar menghendaki PT sebesar 4-5 persen. Sementara partai-partai lain ingin agar PT  tetap berada pada angka 2,5 persen atau diturunkan, karena hanya akan menghanguskan suara rakyat yang memilih partai-partai kecil.

Ketua Fraksi PKB, Marwan Ja’far mengatakan akan terus memperjuangkan agar PT berada di bawah 4 persen. “Kita tidak akan berhenti. Ini bukan lagi masalah koalisi atau bukan. Ini masalah eksistensi,” kata Marwan, Selasa (11/4/2012).

Senin (9/4) kemarin, fraksi-fraksi di DPR telah menyepakati soal perolehan kursi di setiap daerah pemilihan, yaitu 3-10 kursi. Sementara untuk angka PT, Partai Demokrat, Golkar dan PKS tetap ingin kenaikan menjadi 4 persen.

Fraksi PDI Perjuangan, PPP, PKB dan Hanura menginginkan menjadi 3 persen. Dan Fraksi PAN dan Fraksi Gerindra minta 3,5 persen. (Fathur)