HMINEWS.Com – Ketua DPR, Marzuki Alie mengusulkan agar rumah jabatan anggota DPR dijual. Sebab perumahan yang belokasi di Kalibata dan Ulujami, Jakarta Selatan tersebut banyak yang tidak ditempati.

“Kalau saya, mending dijual aja, daripada dinikmati juga enggak (tidak dihuni anggota dewan), tapi biaya pemeliharaan besar dan membebani APBN,” kata Marzuki Alie, Jumat (13/4/2012).

Usul tersebut menindaklanjuti kritikan LSM FITRA (Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran). FITRA merilis biaya perawatan rumah dinas tersebut mencapai Rp101,1 miliar per tahun.

Marzuki berdalih FITRA tidak memasukkan biaya renovasi setiap lima tahun, termasuk biaya penjagaan yang dikeluarkan. Karenanya pimpinan DPR sepakat mengembalikan kepada negara dan memberikan uang tunjangan sewa rumah sebesar Rp15 juta per bulan.

“Dibandingkan ditunggu atau tidak ditunggu, kerusakannya semakin cepat. Nanti akan kita bicarakan kepada pemerintah ini periode kita terakhir saja. Bila perlu dijual,” lanjut Marzuki.

Usul agar menjual rumah dinas  tersebut layak ditindaklanjuti, untuk kemudian dialokasikan untuk perumahan bagi rakyat tidak mampu? []