HMINEWS.Com – Setelah berbagai upaya ditempuh untuk mengamankan SBY dari aksi penolakan kenaikan harga BBM. Mulai dari pidato para menteri, pembenaran kiyai dan pemanggilan para rektor perguruan tinggi. Kini giliran mahasiswa mahasiswa diberangkatkan ke luar negeri.

Mereka mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun dari 100 undangan, yang berangkat 87 orang, sebab seperti BEM Universitas Indonesia (UI), Keluarga Mahsiswa Universitas Gajah Mada (UGM) dan BEM Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) menolak ikut.

”Undangan itu datang di saat BEM UI bersama masyarakat sedang berjuang agar harga BBM tidak dinaikkan,” kata Kadiv Humas BEM UI, Adi Pranata seperti dikutip Media Indonesia, Kamis (22/3/2012).

Kunjungan tersebut untuk waktu 5 hari, mulai 20-25 Maret 2012. Menurut Adi, Ketua BEM UI Faldo Maldini mengatakan undangan mengikuti SBY ke China tersebut berasal dari Kemenpora. Bersamaan dengan kunjungan kenegaraan ke China dan Korea Selatan.

Senada dengan BEM UI, Presiden BEM KM UGM, Giovanni Fadhillah menolak undangan karena empati terhadap rakyat yang sedang bergejolak menolak kenaikan harga BBM.