HMINEWS.Com , Kendari – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Cabang Kendari Periode 2012-2013 dilantik. Pelantikan oleh Ketua Badko Sulambanusa (Sulawesi dan Nusatenggara), Ashari Burhan. Adapun seminar  pelantikan mengangkat tema “Penguatan Gerakan Partisipatif HMI: Upaya Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat Lemah dan Terpinggirkan.”

Dalam pelantikan yang berlangsung malam hari tersebut Pemkot Kendari mengklaim sudah cukup optimal dalam mengentaskan kemiskinan dan mencapai Millenium Development Goal’s (MDGs) 2015.

“Tema yang diangkat sangat relevan dengan program dan visi-misi Pemkot Untuk memberdayakan masyarakat. Tercatat dengan adanya kebijakan-kebijakan yang pro rakyat, seperti kebijakan memberi uang Rp10 juta per kelompok masyarakat untuk digunakan bersama-sama, semacam teknik kewirausahaan mahasiswa,” kata Kepala Bappeda Kota Kendari, Alamsyah Lotunani, Sabtu (28/01/2012) malam.

Menurut Alam, masyarakat kota Kendari juga diberi kebebasan berkreasi sesuai keinginannya dan diajak belajar mandiri. “Dengan begitu kita bisa mengentaskan kemiskinan terkhusus di Kota Kendari,” lanjutnya.

Di sisi lain, Samsudin Rahim dari DPRD Kota Kendari dengan gaya humoris bahwa memaparkan bahwa DPRD Kota Kendari akan mengevaluasi Anggaran belanja Pegawai Kota Kendari yang lebih tinggi lebih tinggi daripada Anggaran Untuk Masyarakat, terutama masyarakat miskin.

“Kami DPRD sebagai wakil rakyat akan mengevaluasinya,” tegas Samsudin.

Ketua Badko Sulambanusa, Ashari Burhan lebih berbicara persoalan faktor penyebab adanya kemiskinan. Dia mengatakan HMI MPO Cabang Kendari bersinergi dengan pemuda lain menjadi garda depan mengawasi kebijakan-kebijakan Pemkot dan DPRD yang tidak pro rakyat.

Ashari berharap masyarakat jangan diajari berfoya-foya atau jadi peminta-minta, khususnya pada tiap momen pemilihan umum. “Maka dari itu kehadiran pemuda-pemuda HMI MPO Cabang Kendari dan yang lain sebagai garda depan untuk mengawasi dan melawan kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat,” tandas Ketua Badko.

Acara pelantikan dan seminar berlangsung 5 jam dengan audiens kader HMI (MPO) Cabang Kendari, Organisasi Daerah, dan organisasi kemahasiswaan lain seperti dari IMM, LMND, HMI Dipo, PII dan lainnya. Sehingga  kehadiran kader-kader tersebut cukup memeriahkan acara pelantikan dan seminar Lokal tersebut.(LAPMI Cabang Kendari)