HMINEWS.Com – Sekali lagi, pola keberagamaan di Indonesia yang damai mendapat pengakuan dunia. Model tersebut layak menjadi contoh umat muslim sedunia dalam menyikapi berbagai perbedaan yang ada.

“Negara-negara yang mayoritas berpenduduk Muslim hendaknya mencontoh Indonesia yang menerapkan demokrasi tanpa melupakan nilai-nilai Ketuhanan,”  kata Duta Besar Iran, Mahmoud Farazandeh dalam konferensi pers Pekan Budaya Iran di Jakarta, Selasa (28/2/2012) malam.

Menurut Mahmoud, sekarang bukan waktunya lagi untuk saling mempertentangkan madzhab yang ada. Karena yang lebih penting, dunia Islam sekarang mempunyai kesamaan yaitu menjadi target kepentingan pihak lain.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, dan di dalamnya terdapat berbagai pemeluk agama lain. Meski begitu, dibanding negara-negara lainnya seperti di kawasan Timur Tengah, Indonesia jauh lebih aman. Tidak seperti negara-negara lain yang tengah berkonflik tersebut, yang juga tidak luput dari campur tangan dan dimanfaatkan pihak asing. (Rds)