HMINEWS.Com – Menteri Keuangan India, Pranab Mukherjee menolak bantuan Inggris £1 miliar untuk mengatasi krisis. Pranab menyebut bantuan tersebut dengan istilah ‘peanuts’ (kacang).

“Kami tidak butuh bantuan itu. Itu hanya sebutir kacang dalam keseluruhan belanja pembangunan kami,” kata Mukherjee, Minggu (5/2).

 Menurut sebuah nota rahasia tahun 2010 yang bocor, Menteri Luar Negeri India, Nirupama Rao menyarankan agar India menolah bantuan apapun dari Inggris terkait publikasi negatif atas kemiskinan India seperti yang dilakukan DFID (Department for International Development), lembaga bantuan internasional Inggris.

Hal tersebut menjadi perdebatan seru di The Sunday Times dan The Sunday Telegraph, juga di Dailymail, Inggris. India bahkan membeli fet tempur dari Perancis untuk menegaskan bahwa mereka tidak butuh bantuang Inggris tersebut. Setelah seminggu sebelumnya menolah untuk membeli pesawat tempur Inggris, Typhoon.

Penolakan tersebut mengundang reaksi Perdana Menteri Inggris, David Cameroon dan sejumlah kalangan untuk menghentikan bantuan tersebut ke India. (Indiatimes-dailymail)