Agresi militer Belanda 1 tahun 1947 menyisakan banyak kisah yang terekam dalam pada setiap jengkal bumi pertiwi. Dari segala kisah yang ada diharapkan dapat menjadi pelajaran bahwa penjajahan itu hanya memberikan kesengsaraan.

LOLONG memang bukan sebuah kisah tokoh pahlawan terkenal atau yang tercatat dalam daftar pahlawan nasional. Ini adalah kisah sederhana mengenai keluarga seorang gerilyawan. Kisah tentang perjuangan sebuah keluarga yang menjalani masa-masa sulit, yang melakukan perjalanan dari Wonosobo hingga Pekalongan. Rekam jejak yang cukup menyentuh dan menyadarkan kita akan makna “pahlawan” yang sebenarnya.

LOLONG adalah sebuah Novelet yang terangkum dalam buku : “Lolong, Lelaki Lansia”, karya terbaru dari SN Ratmana. Berisi satu novelet dan sepuluh cerpen terpilih. SN Ratmana adalah novelis dan cerpenis senior yang karya-karyanya sudah beberapa kali diterbitkan. Dalam khazanah kesussastraan Indonesia, SN Ratmana digolongkan sebagai sastrawan angkatan 66. Pada tahun 1975, nama SN Ratmana mulai dikenal masyarakat luas karena cerpennya yang berjudul “Kerisik Daun-Daun Mangga” berhasil memenangi Sayembara Kincir Emas yang diadakan Radio Nederland. Karya-karya yang sudah diterbitkan antara lain : dari Jodoh sampai Supiah (Kumpulan cerpen, Jakarta : Djambatan, 1975) ; Sungai, Suara, dan Luka (Kumpulan cerpen, Jakarta : Sinar Harapan, 1981) ; Asap itu Masih Mengepul (Kumpulan Cerpen , Jakarta : Balai Pustaka, 1997); Ketika Tembok Runtuh dan Bedil Berbicara (1966-1998), Novel, Jakarta : Indonesia Tera, 2002 ; Sedimen Senja (Novel, jakarta : Kompas, 2006).

Kini SN Ratmana kembali menghadirkan karya terbarunya : “Lolong, Lelaki Lansia”, sebuah novelet dan sepuluh cerpen pilihan. Launching akan diselenggarakan pada tanggal 12 Februari 2012 di pendopo Sebayu Tegal dengan dihadiri oleh Prof.Abu Su’ud dan cerpenis Kurnia Effendi.  Penerbit membuka layanan pre-order hingga tanggal 10 Februari 2012. Pemesanan pada pre-order akan mendapatkan diskon 30% + tandatangan penulis. Info pemesanan, harga, serta ongkos kirim bisa langsung hubungi nomor kontak : 0856 856 5875 atau via email di penategal@yahoo.com . Persediaan terbatas.

Informasi buku
Judul buku : Lolong, Lelaki Lansia
Penulis : SN Ratmana
Penyunting bahasa : Mastris Radyamas
ISBN : 978-602-8277-55-6
Penerbit : flpTegal self publishing
Jumlah halaman : 239
Harga : Rp 40.000,-