HMINEWS.COM

 Breaking News

HMI Makassar Aksi Solidaritas Pembantaian Bima

January 03
01:22 2012

HMINEWS, Makassar – Masih dalam rangka respon terhadap pembataian oleh aparat Kepolisian terhadap masyarat Bima, HMI-MPO Cabang Makassar mengecam dengan keras terkait tindakan represifitas yang dilakukan oleh aparat kepolisian tersebut.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Cabang Makassar menuntut agar Izin Usaha Tambang segera dicabut. Mereka juga minta SBY-Boediono bertanggung jawab atas pembantaian tersebut. Selain itu mereka juga menuntut pencopotan Kapolri, Kapolda NTB, Kapolres, dan Kapolsek Sape, Lambu dan juga Bupati Bima, Fery Zulkarnain S.T.

Hal tersebut sebagaimana pernyataan sikap mereka dalam aksi pada Senin 26 desember 2011 lalu.

dalam aksi yang dilakukan pukul 14:00 WITA tersebut, massa pun menampilkan pergelaran teatrikal dengan menggunakan sesosok mayat yang terbungkus kain kafan, yang digunakan simbol korban pembantaian oleh polisi di Bima NTB.

Mereka melakukan aksi Long march sambil membawa mayat tadi menuju fly-over, Jl. Urip Sumoharjo KM4.

Aksi demonstrasi pun berpindah ke fly-over. Tepat di tengah-tengah jalan massa berhenti, dan berkumpul, lautan manusiapun menyelimuti jalan.

Di titik inipun HMI-MPO Cabang Makassar melakukan demonstrasi, perwakilan tiap-tiap komisariat se-cabang Makassar berorasi dengan lantang.

Kemacetan lalu lintas tak terhindarkan kira-kira di sepanjang 1 KM, jalan A.P. Petterani dan Urip Sumoharjo terjadi. Sempat terjadi ketegangan massa saat itu. Seorang polisi yang berpakain preman menarik seorang pendemo yang dianggapanya, bukan mahasiswa.

Ribuan Massa pun mengejar terjadi cekcok dan tarik menarik antara mahasiswa dan polisi. Setelah beberapa waktu pendemo yang sempat dibawa polisi pun, kembali kebarisan massa.

Tidak nampak Barisan polisi hadir dalam aksi demonstrasi, hanya beberapa polisi yang berpakain preman yang mengamati massa.

Setelah aksi orasi dan pembacaan pernyataan sikap dan tuntutannya, massa bubar dan bergerak ke arah barat, ke jl.A.P peterani. [] Beks_Al-Soky

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.