HMINEWS, Patani – Di Selatan Thailand warganya yang tinggal di bagian provinsi itu untuk segera mengungsi menyusul meluasnya banjir di wilayah tersebut (3/1/2012).

 

Banjir disebabkan hujan deras terus mengguyur daerah itu yang dipicu oleh hujan musiman.

 

Perintah pengungsian itu berlaku untuk wilayah Songkla, Narathiwa, Pattani dan Yala yang kesemuanya terletak di di pantai barat Teluk Thailand daerah yang paling parah dilanda banjir.

 

Di Hai Yai, Songkla yang merupakan pusat ekonomi, banjir mencapai ketinggian dua meter dan status benccana diumumkan. Warga kota itu tampak bergegas memindahkan mobil-mobil mereka dan harta benda lainnya ke tempat yang lebih tinggi.

 

Beberapa turis Malaysia dan Singapura yang merayakan Tahun Baru di kota itu terdampar hotel, sementara jalan raya dan rel kereta api terputus.

 

(Sadau, Songkla (Songgora)

(Lebuh Raya, Tiba, Songkla)

Di Narathiwat, 8 kecamatan dinyatakan masuk dalam zona bencana sementara di Yala, Pattani aliran sungai merendam jalanan di dekatnya dan memaksa pengendara mengemudikan kendaraan dengan sangat hati-hati.

 

(Pasar Tani Sungai Padi, Narathiwat)

(di Kawasan daerah Yarang, Patani)

Menurut stasiun meteorologi di Yala, hujan deras di selatan disebabkan oleh efek gabungan dari monsun timur laut di Teluk Patani (Thailand) dan tekanan udara bertekanan rendah di bagian utara Malaysia yang menyebabakan hujan deras.

 

April tahun lalu banjir di wilayah ini menggenangi sebagian besar pemukiman dan menyebabkan tewasnya 21 orang dan ribuan lainnya terpaksa mengungsi. [] Patani Fakta Dan Opini