MAARIF Institute sedang menjaring calon-calon nominasi MAARIF Award 2012. Kriteria utama: pejuang toleransi dan pluralisme di tingkat Lokal, memberi manfaat bagi komunitas/masyarakatnya, eksistensinya diterima banyak pihak, dan cakap menjembatani perbedaan menjadi kekuatan bersama.

MAARIF Award 2012 merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap anak-anak bangsa yang berdedikasi tinggi untuk merawat keindonesiaan dan memerjuangkan kemanusiaan melalui kerja-kerja inisiatif kepemimpinan di tingkat lokal berbasis nilai-nilai keagamaan yang universal. Dengan cara inilah mereka ikut berkontribusi terhadap proses pembentukan karakter dan bangsa di tengah krisis kepemimpinan seiring memudarnya integritas kepemimpinan politik. Award ini merupakan ikhtiar menemukan pribadi-pribadi kreatif dan tangguh yang berjuang untuk kemanusiaan guna mempromosikan dan menularkan kerja-kerja kemanusiaan di tingkat masyarakat akar rumput.

Penganugerahan MAARIF Award 2012 ini memasuki tahun ke-4 sejak pertama kali diberikan tahun 2007, 2008, dan 2010. Sebagai informasi, penghargaan MAARIF Award 2007 diberikan kepada Arianto Sangadji (aktivis penggerak perdamaian dan rekonsiliasi Muslim-Kristen di Poso) dan Pdt. Jacklevyn Frits Manuputy (tokoh agama pelopor rekonsiliasi dan reintegrasi Kristen-Muslim di Ambon). Pada tahun 2008, award ini diberikan kepada Cicilia Yulia Hendayani (penggerak advokasi petani untuk perlawanan stigmatisasi PKI dan inisiator pendidikan lintas agama di Blitar), TGH. Hasanain Juaini (tokoh agama penggerak eko-konservasi lahan tandus di NTB), dan Tafsir (tokoh agama yang memperjuangkan pluralisme dan hak kelompok minoritas di Semarang). MAARIF Award 2010 dianugerahkan kepada Romo V. Kirdjito (tokoh agama perekat kemajemukan lintas agama & budaya di lereng gunung Merapi) dan Habib Ali (aktivis berlatar belakang Islam Syi’ah yang melakukan pemberdayaan ekonomi melalui jaringan baitul mal wa al-tamwil di Kalimantan Selatan).
Jika diantara teman-teman punya nama-nama yang relevan untk dinominasikan, mohon kirimkan ke: maarif@maarifinstitute.org. Informasi lebih lanjut mengani MAARIF Award 2012 ada di website: http://www.maarifinstitute.org. [] lara