HMINEWS – Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad menyebut kapitalisme sebagai sebuah sistem yang gagal. Dia juga menyerukan sebuah tatanan dunia baru berdasarkan keadilan dan cinta.

“Kapitalisme telah gagal dan menemui sebuah jalan buntu,” kata Presiden Ahmadinejad pada Rabu (11/1) di depan audience dalam sebuah acara di Universitas Havana, Kuba.

Dia menambahkan bahwa manusia telah merindukan kemakmuran, perdamaian, keamanan, kehormatan dan martabat manusia sepanjang sejarah.

“Dunia saat ini membutuhkan sebuah tatanan baru berdasarkan keadilan dan persahabatan,” imbuhnya

Lebih lanjut, Presiden Ahmadinejad mengatakan bahwa manusia membutuhkan pengetahuan, keadilan dan cinta untuk mencapai kemakmuran. Dia menegaskan, setiap sistem tanpa faktor ini akan mengarah kepada kesenjangan, penindasan dan agresi.

Presiden Iran melakukan kunjungan ke empat negara Amerika Latin. Dia mengawali lawatannya ke Amerika Latin dengan mengunjungi Caracas, ibukota Venezuela.

Ia tiba di Nikaragua pada Selasa, kemudian melanjutkan ke Kuba pada Rabu untuk bertemu dengan para pejabat negara ini dan membicarakan mengenai isu-isu regional dan internasional serta hubungan bilateral.

Presiden Iran akan mengunjungi Ekuador pada hari terakhir kunjungannya ke Amerika Latin.

Kerjasama menyeluruh dengan negara-negara Amerika Latin adalah salah satu prioritas utama kebijakan luar negeri Republik Islam Iran.

Iran dan negara-negara Amerika Latin telah bekerja untuk mengembangkan hubungan diplomatik dan meningkatkan kerjasama ekonomi.[ian/irb]