HMINEWS.Com – Indonesia kini resmi menjadi pusat halal dunia. Ditandai dengan dibukanya Annual General Meeting Worl Halal Food Council AGM-WHFC) dan International Workshop on Indonesian Role For Strengthening Global Hala 2012 Jakarta oleh Wapres RI, Boediono.

Acara bertempat di Kantor Wapres, Jakarta (16/1). Diharapkan dengan terselenggaranya pertemuan tersebut makin memperkaya pemahaman dan pengalaman penerapan sistem produk halal.

“Dalam forum ini juga dapat menjadi wahana dialog  yang lebih mendalam antara pembuat kebijakan, praktisi, akademisi, dan para pemangku kepentingan dalam menerapkan dan menghasilkan beragam produk halal untuk kepentingan yang lebih luas sesuai dengan syariat Islam,” kata Boediono dalam sambutannya.

Pertemuan tersebut membahasa mulai dari program kerja, standar kehalalan, sosialisasi dan edukasi pangan halal serta obat dan kosmetik di seluruh dunia. Dengan demikian masyarakat muslim akan merasa tenang karena produk-produk yang beredar di pasaran terjamin kehalalannya.

Hal lain adalah perlunya peningkatan kerjasama antar negara muslim. “Kerjasama di bidang ini perlu terus ditingkatkan lagi, dengan membuka peluang kerjasama dengan negara-negara lain. The World Halal Food Council dapat menfasilitasi kerjasama ini,” lanjut Boediono.

Upaya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam program sertifikasi halal serta penyelenggaraan pertemuan tingkat dunia tersebut patut diacungi jempol. Upaya tersebut harus didukung oleh lembaga lain seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Ekonomi, Kementerian Perdagangan serta Kementerian Pangan. Tidak hanya dalam standarisasi halal, akan tetapi juga tentang kemandirian pangan yang masih banyak bergantung pada produk luar negeri. (fathur)