HMINEWS – Sondang, Mahasiswa UBK yang diduga bakar diri, pelaku bakar diri di depan Istana Negara, Sondang Hutagalung (22) dinyatakan meninggal dunia Sabtu 10 Desember 2011 petang.

“Benar, dia meninggal pukul 17.50 Waktu Indonesia Barat,” kata Koordinator Kontras, Haris Azhar sebagaimana dikutip oleh VIVAnews.com.

Haris menceritakan, kabar duka itu disampaikan seorang staf rumah sakit pada keluarga korban. “Kebetulan salah satu keluarga korban sedang bersama aktivis Kontras,” dia menambahkan. Belum diketahui, kapan dan di mana Sondang akan dimakamkan.

Haris menceritakan, sudah dua bulan Sondang tak main ke kantor Kontras. Di matanya, mahasiswa Universitas Bung Karno tersebut adalah sosok yang peduli pada nasib orang yang lemah.

Haris dengan keras membantah kabar yang menyebut, Sondang sakit jiwa. “Tidak benar itu. Dia adalah pemuda yang berkomitmen baik,” kata dia.

Seperti diketahui, pasca aksi bakar diri Rabu 7 Desember 2011, Sondang menderita luka bakar parah. Lebih dari 90 persen, sehingga tipis kemungkinan selamat.

Sebelumnya, Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (KontraS) menduga bahwa pria itu adalah Sondang Hutagalung, mahasiswa Universitas Bung Karno. KontraS mengaku sudah menemui keluarga Sondang Hutagalung.

“Hal yang identik dengan orang yang bernama Sondang dari gigi dan sepatunya. Itu yang disampaikan kekasih Sondang ke polisi,” ujar Koordinator KontraS, Haris Azhar, Jumat 9 Desember 2011. [] viva/lara