HMINEWS –  Mahasiswa Indonesia di  Amerika Serikat tak ketinggalan, mereka melakukan solidaritas terhadap kematian Sondang Hutagalung yang mati membakar dirinya sebagai protes terhadap ketidak adilan di negeri ini (13/12/2011).

Menurut Yusran Darmawan, mahasiswa pascasarjana Ohio University, AS para mahasiswa asal Indonesia di Ohio dan beberapa warga Amerika yang mengetahui aksi langka tersebut melakukan aksi bersama-sama di kampus untuk solidaritas terhadap Sondang.

Dalam orasinya, Presiden Permias Ohio Yazid Sururi mengaku tidak mempersoalkan metode yang dipilih Sondang.

“Substansinya adalah agenda hak asasi dan keadilan yang harus direspons cepat pemerintah”, kata Yazid.

Yusran menambahkan, aksi digelar pada Selasa 13 Desember waktu setempat. Mereka membentangkan poster dan menyanyikan lagu perjuangan di gerbang utama kampus Ohio University. Ada pula yang membagikan selebaran kepada siapa saja yang melintas.

“Bahkan ada warga Amerika Serikat yang bergabung ikut berunjuk rasa dengan kami. Mereka mahasiswa Amerika yang sebelumnya tergabung dalam gerakan Occupy Ohio. Mereka bagian dari rentetan aksi Occupy Wall Street yang menyebar ke seluruh AS dan dunia internasional,“ jelas alumni pascasarjana Universitas Indonesia ini.

Beberapa mahasiswa AS mengemukakan alasan mereka mengikuti unjuk rasa. Seperti dituturkan Megan Snow (25), mahasiswa Pascasarjana South East Asian Studies kepada Yusran.

Megan mengaku sedih setiap kali mendengar berita aksi bakar diri oleh pemuda. “Persoalan paling mendesak adalah mengungkap apa alasan dan motif aksi bakar diri itu,” ucapnya sambil membentangkan spanduk bertuliskan No More Victim. []