HMINEWS, Yogyakarta – Pada Sabtu (10/12) Anand Krishna Centre (AKC) Joglosemar kembali mengadakan pelayanan Neo Zen Reiki gratis. Sejak siang warga Dusun Jaban dan Perum Dayu Permai, Yogyakarta mendatangi pusat pelatihan meditasi dan kesehatan holistik yang digagas Anand Krishna tersebut.  Para Eyang Uti (Nenek) menunggu giliran untuk di-reiki. Mereka mendaftar terlebih dahulu kepada Ahmad Syukri di beranda depan. “Ndaftar riyen nggih Mbah…. Sinten asmanipun?” sapa Mas Syukri ramah.

proses penyembuhan dengan reiki

Salah satu teman yang memberikan pelayanan reiki datang langsung dari Solo. Selain itu, para sukarelawan yang terlibat berasal pula dari Semarang, Pati, dan Kendal. Bapak Mugi, warga yang mendapat terapi kesehatan ini berbagi kisah, “Saya sangat menikmati rileksasi saat di-reiki tadi. Badan terasa lebih segar.”

Neo Zen Reiki merupakan satu dari 300-an lebih metode meditasi yang dikembangkan Anand Krishna. Tujuannya untuk memperbaiki pola energi kita agar selaras dengan Energi Alam. Teknik kuno ini sempat dipopulerkan oleh Sensei Usui di Jepang (kurang lebih seratus tahun silam). Berdasarkan pengalaman menghadapi penyakit leukemia/kanker darah pada 1991, Anand menyajikannya dalam kemasan meditatif yang khas Anand Ashram (Sumber: http://www.anandkrishna.org/english/index.php?isi=schedule/reiki.lbi)

Penyembuhan Reiki tidak menggunakan mind. Ini yang membedakan dengan sistem-sistem penyembuhan lain yang menganjurkan konsentrasi atau visualisasi. Penyembuhan Reiki justru tidak memikirkan ihwal penyembuhan. Penyembuhan terjadi dengan sendirinya. Para sukarelawan hanya menjadi saluran perantara bagi aliran Energi Ilahi tersebut. (Reporter dan Fotografer: Ardi Pras, Editor: T. Nugroho)