HMINEWS.Com, Purworejo – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Purworejo menggelar aksi solidaritas atas kematian Sondang Hutagalung. Aksi dimulai dari halaman Masjid Agung Purworejo, bergerak menuju Polrer Kabupaten Purworejo.

“Ini solidaritas kami untuk Sondang yang mati bakar diri di depan Istana Negara, juga sebagai keprihatinan akmi atas terjadinya pembantaian petani yang dilakukan oknum aparat di Mesuji,” kata koordinator aksi, Much Deiniatur, Jum’at (16/12).

Di Mapolres Mereka diterima Kepala Sektoral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Ipda Sutrasno, yang berjanji akan mengamankan jalannya aksi ini. “Kami juga berharap aksi ini dapat berjalan damai,” katanya.

Setengah jam berorasi di depan Polres, belasan mahasiswa tersebut kemudian menuju Gedung DPRD Kabupaten Purworejo. Dalam orasinya, HMI juga meminta pihak yang berwenang segera mengusus tuntas kasus pelanggaran HAM itu.

“Tangkap dan adili pelakuknya!. Kami juga meminta kepada semua pihak agar kasus ini tidak terulang lagi,” tegas Much Deiniatur.

Di samping itu, Fidi Finandar, Ketua umum HMI Cab Purworejo, meminta kepada para aparat penegak hukum khususnya di Kab Purworejo agar kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Sumatra jangan sampai terjadi di Kabupaten purworejo.

“Kami meminta kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Sumatra jangan sampai terjadi di Purworejo. Seyogyanya setiap permasalahan yang terjadi di selesaikan dengan cara yang bermartabat,” pintanya.

Para aktivis diterima Wakil Ketua DPRD Purworejo R Muhammad Abdullah dan anggota DPRD lainnya Sudarnono WU SIP.  Mereka berjanji tuntutan para mahasiswa akan disampaikan ke Komisi III DPR RI. (FF)