HMINEWS.COM

 Breaking News

HMI Semarang Utamakan Qurban di Daerah Minus

November 08
13:00 2011

HMINEWS, Semarang –  Rumah Pendidikan Sciena Madani (RPSM), sebuah komunitas yang didirikan oleh pasca struktur HMI Cabang Semarang saudara Lukni Maulana. Mengadakan acara penyembelihan kurban, yang didapatkan dari donator berupa dua kambing dan beberapa bungkus daging yang dibagikan ke masyarakat.

RPSM mengadakan acara penyembelihan di daerah Banjardowo Rt 2 Rw VI Genuk Semarang. Berbeda dengan kebiasaan masyarakat pada umumnya, diwilayah ini memiliki tradisi yang berbeda dengan daerah lainnya yakni sebelum acara penyembelihan diadakan slametan gemblong yakni acara syukuran dengan berbagai keragaman makanan khas tradisonal jawa. Selanjutnya berdoa, selain sebagai sebuah kewajiban umat Islam. Di daerah ini masih melestarikan nilai-nilai budaya Jawa.

Tujuan RPSM mengadakan acara penyembelihan kurban ini, dilatarbelakangi daerah ini hampir tujuh tahun tidak pernah ada penyembelihan kurban. Padahal acara kurban memiliki nilai yang positif, masyarakat tidak berharap banyak tentang seberapa dagingnya, tapi nilai lain dari acara penyembelihan. Yakni tradisi slametan gemblong dan tentunya masyarakat dapat berkumpul, terjalain  rasa kekeluargaan dan tentunya kesadaran akan makna berkurban. [] Lapmi Semarang

 

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.