HMINEWS.COM

 Breaking News

Ketika Insan Pers Dunia Islam Bersatu di Tehran

November 05
14:07 2011

HMINEWS, Tehran – Iran mengambil inisiatif membentuk organisasi Persatuan Pers Dunia Islam (The Press Union of Islamic World/PUIW) yang berlangsung Sabtu (29/10/2011), di Teheran. Terpilih sebagai ketua umum M Jafar Mohammadzadeh yang saat ini sebagai Wakil Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran.

Terpilih sebagai sekretaris jenderal dipegang Dr MJ Aghajari yang saat ini menjabat Direktur Jenderal Departemen Media Asing Kementerian Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran.

Iran memimpin organisasi ini pertama kali karena Republik Islam Iran ini sebagai pemrakarsa berdirinya PUIW. Seorang ahli komunikasi yang hadir dalam pertemuan pembentukan PUIW memberi masukan agar di masa mendatang pengurus PUIW berasal dari kalangan yang bukan bagian dari pemerintah.

Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Mohammad Hossein yang hadir dalam pertemuan ini mengatakan, pihaknya menerima masukan delegasi yang berasal dari 40 negara itu. Hossein dalam pidatonya mengatakan, PUIW sudah waktunya berdiri untuk menghadapi globalisasi di berbagai bidang, meningkatkan kerja sama antarmedia dalam berbagai hal termasuk pendidikan, dan menangkal berita-berita propaganda anti Islam.

Kepada wartawan Indonesia dari Kompas, yang mengikuti acara tersebut, menyatakan optimistis mampu menyelenggarakan pertemuan internasional seperti ini. “Yang lebih besar dari ini saja bisa,” ujarnya.

Sekitar 120 insan pers dari 40 negara sedang berada di Teheran. Mereka mengikuti Pertemuan Persatuan Pers Dunia Islam. Mereka adalah pemimpin redaksi surat kabar, majalah, kantor berita, media online, dan televisi. [] komp/akbar

 

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.