HMINEWS – Setelah Freeport, kali ini gantian karyawan TELKOM yang mogok. Ratusan pegawai Telkomsel di Medan, Sumatera Utara, menggelar aksi mogok kerja di lantai I Gedung Selecta, Jalan Listrik, Medan. Aksi ini dilakukan karena perusahaan belum memenuhi Perjanjian Kerja Bersama (PKB) 2 yang dibuat tahun 2008.

Dalam aksi mogok yang rencananya akan terus berlangsung sampai 30 Desember mendatang, para karyawan terlihat duduk-duduk di lantai tepat di depan kantor mereka bekerja.

Menurut salah seorang karyawan, jumlah pegawai yang tergabung dalam Serikat Pekerja Telkomsel (Sepakat) di Medan mencapai 120 orang yang datang dari Medan dan Binjai.

Aksi mogok tersebut akan terus berlangsung sampai sekitar pukul 12.00 WIB, siang nanti. “Kita tunggu perintah dari DPP Sepakat, kalau sudah deal tuntutannya, kita akan kembali bekerja. Tapi kalau enggak, jam 12 siang kita pulang ke rumah masing-masing,” ujar salah seorang karyawan yang tidak bersedia menyebutkan namanya, di lokasi Jumat (11/11/2011).

Dalam aksi tersebut, karyawan menuntut  agar perusahaan meningkatkan kesejahteraan karyawan seperti kenaikan gaji, bantuan dana kesehatan dan perbaikan manajemen yang bebas dari intervensi.

Meski karyawan tengah mogok kerja, Grapari Telkomsel yang juga berada di gedung tersebut tetap beropreasi. “Kalau pelayanan tetap jalan, soalnya yang disanakan tim outsourcing,” tandas pria berkacamata itu. []okezone/ lara