HMINEWS – Pertukaran Tokoh Muslim Muda Indonesia Australia (MEP) dimulai sejak tahun 2002, bertujuan untuk membangun hubungan baik antara masyarakat Muslim di kedua negaradengan meningkatkan pemahaman dan pengertian akan peranan agama dalam masyarakat di masing-masing negara.

Didanai oleh Pemerintah Australia dan dilaksanakan oleh Australia-Indonesia Institute (AII), program ini pada tahun 2005 ditetapkan sebagai salah satu program AII unggulan. Sampai sekarang 27 peserta Australia dan 82 peserta Indonesia telah ikut serta dalam program ini.
Program melibatkan kunjungan beberepa minggu ke Australia oleh kelompok muda Muslim tokoh masyarakat dari berbagai profesi (seperti penulis, pegawai pemerintah, akademisi,dan pekerja lembaga swadaya masyarakat dan organisasi keagamaan), dan begitu sebaliknya kunjungan serupa oleh mitra mereka dari Australia. Kunjungan peserta Australia difokuskan agar peserta mendapat pemahaman dengan menyaksikan langsung keberadaan aliran Islam di Indonesia, begitu pula bagi peserta Indonesia agar dapat membuka mata terhadap kemajemukan masyarakat di Australia.
Calon peserta di wawancarai dan di seleksi oleh sebuah panitia independen berdasarkan kemampuan dan keluasan jaringan kerja mereka dan dapat bertindak sebagai duta bangsa dan peserta dalam dialog lintas agama.
Syarat-syarat pendaftaran bagi peserta Indonesia sebagai berikut:
  1. Pria dan Wanita berusia di bawah 40 tahun.
  2. Lancar berbicara bahasa Inggris dengan melampirkan salinan score TOEFL (international atau institusional) minimal 450.
  3. Mengisi Formulir Aplikasi yang telah disediakan panitia seleksi dapat di akses di website Universitas Paramadina www.paramadina.ac.idatau Kedubes Australia www.indonesia.embassy.gov.au
Batas akhir pengiriman lamaran: Jumat, 25 November 2011 pukul 16.00 WIB via pos ke Universitas Paramadina, Jl.Gatot Subroto Kav.97, Mampang, Jakarta Selatan 12790 atau email ke panitiamep2010@paramadina.ac.id .
Informasi selanjutnya dapat dilihat di website AII: www.dfat.gov.au/aii