HMINEWS – Pernyataan Ketua KPK, Busyro Muqodas, tentang gaya hidup mewah pejabat-pejabat negara, merupakan suatu fakta yang umum kita saksikan. Pernyataan tersebut merupakan suatu kritik yang positif dan perlu didukung.

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mendukung pernyataan ketua KPK tersebut.

“Justru kami sangat menyesalkan sikap para pejabat, utamanya anggota DPR RI, yang kebakaran jenggot dan cenderung membela gaya hidup mewah mereka, serta mengecam pernyataan Pak Busyro tersebut. Kami sangat sepakat dengan Pak Busyro, bahwa pejabat-pejabat negara semestinya meninggalkan gaya hidup mewah mereka, sebab gaya hidup semacam itu cenderung tidak menunjukkan keteladanan yang baik serta tidak menunjukkan kepekaan sosial dimana mayoritas rakyat kita masih hidup susah.” Demikian kata Alto makmuralto, Ketua Umum PB HMI.

Alto juga mengecam sikap pimpinan DPR dan sejumlah anggota DPR, misalnya Bambang Soesatyo atau Ruhut Sitompul, yang membela mati-matian gaya hidup mewah mereka, yang menurut mereka jelas-jelas sangat kontras dengan kehidupan rakyat kita.

“Kami meminta pejabat-pejabat negara itu segera insyaf dan bisa bersikap hadap diri. Kami juga mendukung Ketua KPK untuk terus memberikan pernyataan semacam ini. Sikap pejabat negara seperti Ketua KPK yang tidak setuju dengan gaya hidup mewah, perlu juga diikuti oleh pejabat-pejabat lainnya. Sikap demikian merupakan teladan yang semestinya dicontoh oleh siapa saja, terutama pejabat negara.” Kata Alto lebih lanjut. [] lk