HMINEWS- Datangnya idul qurban adalah berkah tersendiri bagi HMI. Mulai dari pengurus besar, cabang, dan komisariat beramai-ramai jadi panitia qurban. Mereka biasanya mendapat jatah hewan qurban dari alumni atau simpatisan.

Sebagai struktur pimmpinan tertinggi, PB HMI juga kebagian menjadi panitia. Tapi kali ini bukan panitia penyembelihan, melainkan panitia pembagian saja, sebab PB HMI hanya memabntu menyebarkan daging dari alumni ke daerah sekitar sekretariat. Sekjend PB HMI Agus Thohir turun langsung menjadi panitia dadakan ini. Ia mengambil daging di rumah alumni, membawanya ke sekretariat PB HMI dan membagikannya kepada warga di sekitarnya.

 

Pembagian juga bukan hanya untuk warga sekitar sekretariat. PB HMI juga membagikan daging di Parung, tepatnya untuk warga desa di lokasi pusat training PB HMI.

 

Lain PB, lain pula cabang. Komunitas HMI MPO UGM melakukan Qurban di Kawasan Merapi, tepatnya di Dusun Batur, Kopeng, Cangkringan. Daging Qurban ini ditujukkan kepada Korban Merapi yang tinggal dikawasan batas akhir awan panas, atau tepatnya di Barat Kali Gendol yang sekarang menjadi kawasan wisata merapi.

 

“Terima Kasih kepada Bapak Rifkan atas Bantuannya untuk mengajak masyarakat dalam memaknai hari idul Qurban bersama teman-teman HMI UGM. Semoga Allah Membalas Kebaikan Semuanya… Mari memaknai semangat dan tujuan HMI “Terbinanya mahasiswa Islam menjadi insan ULUL ALBAB yang turut bertanggungjawab atas terwujudnya TATANAN MASYARAKAT yang diridhoi Allah Subhanahu Wata’ala” Demikian tulis aktivis HMI UGM, Hafiz Arfandi dalam facebooknya.

 

Yang menarik adalah cerita dari HMI Cabang Tual, Maluku Tenggara. Sebagaimana diceritakan oleh mantan ketuanya Malik Raharusun, Cabang Tual diberi kepercayaan jadi salah satu tim PHBI (panitia hari besar Islam) untuk mendata orang yang berhak dapat kupon pengambilan hewan kurban. Hasilnya, disamping para warga miskin yang mendapatkan jatah kupon, para saudara dari pengurus cabang pun mendapatkan prioritas jatah kupon.

Walah..walah…membagi daging qurban saja masih pakai nepotisme nich… 🙂 [] lara