HMINEWS, Jakarta – Pembaca setia HMINEWS dibuat kecewa oleh ulah hacker yang sempat men-down-kan HMINEWS selama beberapa hari. Pasalnya, selain berhasil menutup halaman HMINEWS, hacker tersebut memasang juga memasang logo sebuah organisasi ekstra kampus yang cukup terkenal.

Tak ayal lagi, umpatan-umpatan kekecewaan terhadap hacker berwatak jahat tersebut bermunculan di facebook group HMI.

“Allah laknat oknum yang membajak situs www.hminews.com”, demikian tulis salah satu pembaca HMINEWS dalam status facebooknya.

Status tersebut kemudian disaut oleh berbagai komentar yang mengungkapkan kekecewaan kepada sang hacker. Tentu saja, hacker selalu bermental pengecut, tak berani menunjukkan jati dirinya kepada publik. Sampai saat ini, belum ada kepastian siap yang sengaja bertindak usil kepada HMINEWS.

Bisa Jadi Orang Dalam

Meskipun sang hacker memasang logo suatu organisasi ekstra kampus di luar HMI, dipastikan yang merusak website HMINEWS bukan kader atau pengurus dari organisasi tersebut. Demikian juga, mayoritas pembaca HMINEWS meyakini bahwa sang hacker bukanlah dari organisasi yang dipasang logonya.

Salah seorang pembaca HMINEWS yang mengerti mengenai teknologi web, Roni bahkan meyakini ada unsur internal yang ‘maen’.

“Bisa jadi ini adalah dari internal anak HMI sendiri yang ‘iseng’ ngerjain HMINEWS”, kata Roni.

Pernyataan Roni tersebut beralasan mengingat selama ini HMINEWS aman-aman saja. Sebagai portal gerakan kaum muda dan mahasiswa yang cukup kritis, HMINEWS sudah berusia lebih dari 8 tahun. Dengan menggunakan metode student jurnalisme terbuka, HMINEWS selalu diupdate oleh para kontributornya dari berbagai daerah.

Putro, salah satu anggota tim IT HMINEWS yang memantau day-to-day website menyatakan bahwa orang yang sama pernah meng-hack HMINEWS sekitar dua bulan yang lalu. Modusnyapun sama, memasang tulisan nama dari organisasi yang sama dengan nama yang dipasang baru-baru ini.

Kini seiring dengan semakin meluasnya pembaca HMINEWS, kontributornyapun semakin banyak dan berita-beritanya semakin variatif.

Kemarin HMINEWS sempat down selama dua oleh ulah hacker yang ‘usil’, tapi alhamdulillah saat ini sudah dapat diperbaiki oleh tim IT HMINEWS. Semoga dengan online-nya kembali HMINEWS, akan semakin menambah khasanah pemberitaan oleh para aktivis gerakan mahasiswa dan pemuda.