HMINEWS, Banda Ache –  Setelah gagal aksi 31 Oktober 2011, karena hujan lebat dan juga akibat lapangan di kuasai TNI, besok 03 November 2011 di Aceh Utara dan Lhokseumawe siap turun aksi menuntut penundaan Pilkada.

Informasi dari beberapa kabupaten menyatakan bahwa aksi besar-besaran secara kolosal di beberapa kabupaten menuntut penundaan pilkada dan selesaikan konflik regulasi juga akan berlangsung. Mereka menuntut“Penundaan Pilkada dan meminta Konflik Regulasi Pilkada diselesaikan sesuai amanah konstitusi UUD 45, MoU dan UUPA”.

Koordinator Aksi Damai (Adam) Kabupaten Aceh Tamiang, Azwana (Rabu, 02/11) mengatakan bahwa surat izin untuk melakukan aksi damai besok, Kamis (03/11) tuntas hari ini. Dalam surat itu kita akan kerahkan 2.000 massa dari 12 kecamatan yang ada di Aceh Tamiang.

Aksi damai yang dilakukan di Tamiang berkonsentrasi di Kantor Bupati, DPRK dan KIP Aceh Tamiang. “Tuntutannya sama dengan Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Aceh Timur, yaitu Pemilukada boleh dilaksanakan jika regulasi sudah ada,” kata Azwana.

Ia menghimbau agar Bupati, DPRK dan KIP Aceh Tamiang taat pada hukum dan regulasi Pemilukada sebagaimana yang sudah diamanahkan dalam MoU Helsinki dan Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UU PA). “Jika regulasi belum ada sebaiknya tunda Pemilukada Aceh,” kata dia lagi.

Di Aceh Utara dan Lhokseumawe juga dikabarkan adanya lanjutan aksi damai tunda Pemilukada, besok, Kamis (03/11). Koordinator aksi damai di dua wilayah itu, Muriadi mengatakan surat pemberitahuan izin aksi damai yang kedua dilayangkan hari ini, Selasa (02/11) pagi ke pihak kepolisian setempat.  Ia mengharapkan agar pihak kepolisian tidak mempersulit proses perizinan dan tetap netral serta dapat memberikan izin aksi pada Kamis, besok.

Muriadi yakin bahwa pihak kepolisian akan mengizinkan mereka untuk pelaksanaan aksi damai yang kedua ini. Apalagi ini menyangkut keberlanjutan perdamain di aceh yang diharapkan semua pihak dan aksi yang akan dilakukan Gerakan Sipil Pendukung UUPA sesuai MoU Helsinki ini tetap Damai.

Aksi yang dilakukan ini merupakan aksi koalisi dari berbagai elemen sipil yang ada di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Aksi tersebut adalah wujud kesinambungan dari aksi-aksi yang telah dilakukan sebelumnya di beberapa wilayah. [] lara

Info: Video aksi sebelumnya:

https://www.yousendit.com/download/T2dlb3BIQVMwMEdLRmNUQw?locale=en_US&cid=pm-03002124310600000000;301019&s=301019