HMINEWS – Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan mobil mewah merek Bentley yang dimilikinya sudah dicatatkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu dikemukakan Bambang di Jakarta, Senin (14/11).

“Mobil itu saya peroleh Januari 2008. Lalu bulan Oktober 2009 saya dilantik jadi anggota DPR. Tahun 2009 itu juga saya masukkan dalam laporan harta kekayaan di KPK. Sebetulnya yang begini tidak enak dikomentari. Karena sebaik-baiknya hidup ya apa adanya saja. Tidak perlu berlagak kaya atau tiba-tiba berlagak miskin untuk mendapat simpati,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR itu mempersilakan publik menilai jika ada yang mengait-kaitkan kekayaan anggota DPR dengan kinerja di parlemen.

“Apakah menjadi patokan mobil seperti itu lantas anggota DPR tersebut malas atau tidak peduli pada perjuangan kepentingan publik dan kinerjanya buruk? Apakah anggota DPR yang pakai Kijang otomatis menjadi pahlawan publik?”

Menurut Bambang, semua berpulang pada niat dan kemauan keras setiap individu anggota DPR untuk mengabdi pada bangsa dan negara. “Yang penting jangan pamer dan jangan korupsi.”

Ia sendiri mengaku jarang menggunakan mobil mewahnya itu ke DPR. “Saya lebih sering pakai Jeep. Bahkan mungkin teman-teman wartawan di DPR lebih sering melihat saya pakai Terano,” pungkasnya.[mi/ian]