HMINEWS, Jakarta – Crew redaksi HMINEWS Rita Zahara berhasil menjadi wisudawan terbaik di Universitas Islam (UIN) Syarif Hidayatullan, Jakarta (23/11/2011).  Rita meraih penghargaan terbaik dengan IPK 3,90, prestasi ini tentunya sangat membanggakan bagi HMINEWS, dimana Rita sejak tahun 2006 banyak melakukan aktifitas jurnalistiknya.

Wanita kelahiran Samalanga, Aceh Utara, 13 April 1985 ini, menceritakan mengenai penghargaan yang diberikan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai Wisudawati Terbaik se-UIN Jakarta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,90 dalam acara resepsi Wisuda Sarjana ke- 85 di Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Minggu (23/10).

Saat itu tidak pernah terbersit sedikit pun akan terpilih sebagai wisudawati terbaik se-UIN Jakarta karena begitu banyak Wisudawati terbaik dari tiap fakultas di UIN Jakarta. Namun, ketika itu nama Wisudawati terbaik se-UIN Jakarta jatuh kepada wisudawati terbaik dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Rita Zahara (26Th). Ia menamatkan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Takengon Aceh Tengah tahun 2003.

Semasa kuliah Rita terkenal aktif dalam berorganisasi, baik Organisasi Intra maupun Ekstra Kampus. Sebelum menjadi mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ia kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) INSIDA Tahun 2004. Di INSIDA Rita aktif berorganisasi, tercatat selama kuliah di INSIDA, ia pernah menjadi Ketua BEM STIT INSIDA, Ketua Bidang Kaderisasi HMI Komisariat INSIDA Cabang Jakarta Selatan tahun, dan Ketua HMI Komisariat INSIDA Cabang Jakarta Selatan. Rita menamatkan Kuliah Diploma 2-nya di INSIDA tahun 2007 dan mendapatkan predikat Wisudawati terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,71.

Tahun 2007, Rita kembali melanjutkan studi Strata 1 (S1) di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengambil jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Ia berhasil menamatkan studi S1-nya dalam kurun waktu empat tahun atau pada tahun 2011 dengan mendapatkan predikat sebagai Wisudawati Pertama Jurusan PGMI dan Wisudawati Terbaik se-UIN Jakarta.

Selama menuntut ilmu di UIN Jakarta, ia juga aktif dalam berorganisasi dan mengikuti pelatihan-pelatihan di bidang keguruan.  Dalam kegiatan organisasinya, ia pernah menjadi Ketua Bidang Kaderisasi HMI Cabang Jakarta Selatan, Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) PB HMI MPO dan aktif menggawangi HMINEWS, Pengurus Website Internal PB HMI MPO, Wakil Bendahara Umum PB HMI MPO, dan sekarang menjabat sebagai Bendahara Umum PB HMI MPO.

Adapun pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti selama masa kuliahnya yaitu Latihan Kader (LK) 1 HMI MPO Cabang Jakarta Selatan, Kursus Bermain Cerita dan Menari (BCM ) STIT INSIDA, Latihan Kader (LK II) HMI MPO Cabang Jakarta Selatan, Pelatihan Senior Course (SC) HMI MPO Cabang Jakarta Selatan, Pelatihan Jurnalistik PB HMI MPO, Pelatihan Smart Teaching FITK UIN Jakarta, Pelatihan Pembelajaran PAIKEM  UNJ Jakarta, Pelatihan Jurnalistik Dewan Pers Nasional, Pelatihan Pendidikan Carakter Building PGMI UIN Jakarta, dan Pelatihan Pendidikan Nilai-nilai Kemanusiaan (PNK).

Alumni Mahasiswi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini Merasa senang dan bangga bisa menjadi Wisudawati Terbaik se-UIN Jakarta. “Saya merasa sangat senang dan bangga sekali bisa menjadi wisudawati terbaik se-UIN Jakarta karena ini telah membuat orang tua saya menjadi bahagia. Terimakasih untuk orang tua ku tercinta, Dosen beserta staf akademik PGMI, Adik-adik ku, teman-teman PGMI dan HMI yang telah memberi dukungan dan doanya. Semoga apa yang telah saya capai ini bisa menjadi motivasi bagi teman-teman saya dan semua mahasiswa UIN Jakarta”. Ungkap Rita menyampaikan kesan dan pesannya. [] Ady