HMINEWS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Fraksi PKS Akbar Zulfakar memberanikan diri mencalonkan ketua umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam Kongres KNPI akhir Oktober ini. Akbar siap melakuakan perubahan radikal di tubuh KNPI.

“Niat baik kami bagaimana membuat KNPI ke depan jauh lebih baik,” kata Akbar disela-sela acara Silahturahmi Akbar Gema Pembebasan dengan OKP Tingkat Nasional di Jakarta, Rabu 5 Oktober 2011.

Akbar yang juga pengurus DPP PKS ini mengatakan bukan soal jabatan yang dia inginkan namun bagaimana para pemuda membangun komunikasi dan dialog diantara pemuda seluruh Indonesia. Kurangnya komunikasi dan dialog diantara pemuda belakangan ini, menurut Akbar membuat beberapa kalangan pemuda salah arah.

“Kita berharap KNPI lebih baik lagi kedepan dengan modal satu kita bersatu. Mari kita membuat blue print kepemudaan kita. Kita bawa ke DPR dan Pemerintah. Dari Komisi X sudah ada respon positif untuk itu,” ujarnya.

Akbar optimis Kongres KNPI mendatang bisa terpilih. Dalam sejumlah road show ke daerah, Akbar mendapat sinyal dukungan luas dari sejumlah DPD KNPI.

“Komunikasi dengan 15 DPD KNPI sudah kami lakukan dan Alhamdulillah hasilnya positif,” ujar dia.

Dijelaskan butuh figur muda dan berani untuk menjadi pemimpin saat sekarang ini. Apalagi kepemimpinan selevel KNPI yang menurutnya perlu figur yang bahkan siap untuk ditelanjangi latarbelakangnya.

“Saya akan membuka siapa diri saya. Kita butuh keterbukaan dan butuh sharing. Kultur keterbukaan, beda pendapat, beda ras sudah harus selesai di tingkat muda. Yang belum selesai bagaimana menjadikan kalangan muda menjadi pemimpin,” ujarnya.[]