HMINEWS – Rata-rata kadar darah kader HMI tidak layak untuk donor darah. Hal tersebut terungkap ketika Korps HMI-wati PB HMI menyelenggarakan donor darah beberapa minggu lalu, 99% kader HMI tidak bisa mendonorkan darahnya. Mereka tidak boleh mendonor karena berbagai sebab, diantaranya: darah kental (kurang minum air putih), kurang zat besi, HB tinggi, tidak cukup timbangan (kurang berat badan), perokok aktif, dan sebagianya. 

Sebagaimana dilaporkan oleh salah satu kader HMI, dalam rangka menyambut hari kelahiran Korps HMI-Wati (Milad KOHATI), Kohati PB HMI bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan acara Donor Darah di kantor PMI Kramat Raya, Jakarta. Dari 50 yang diperiksa awal, hanya 6 orang yang dinyatakan sehat dan bisa mendonorkan darahnya. Sisanya tidak layak dikarenakan alasan sebagaimana disebutkan di atas.

“Aktivis juga bisa hidup sehat dengan makan teratur, menjaga pola makan, atur waktu dengan baik. Begadang bukan alasan tidak sehat”, demikian komentar salah satu kader HMI Yusra Kazim dalam facebooknya.

Oleh karena itu, sebagaimana pesan Rhoma Irama, janganlah terlalu banyak begadang, begadang boleh saja jika ada perlunya. [] lk