HMINEWS – Semua pihak sangat menyayangkan apa yang terjadi di Ambon, termasuk Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam (PP GPI).

Rahmat Kardi, Ketua Umum PP GPI meminta kepada semua pihak untuk tenang, terutama kepada saudara-saudara muslim.

“Mari kita selesaikan persoalan yang ada di Ambon dengan kepala dingin, jangan terpancing emosi serta jangan mudah terprovoksasi”, kata Kardi di Jakarta Senin (12/9/2011).

Kerusuhan di Ambon, kata Kardi, hanya ulah segelintir orang yang ingin menciptakan instabilitas di Ambon yang berdampak Nasional.

“Kami meminta aparat keamanan dan tokoh-tokoh masyarakat untuk segera menenangkan suasana demi mencegah terjadinya perang saudara”,ujar Kardi.

Pemerintah harus segera meredam segala potensi konflik diseluruh Indonesia, khususnya Ambon.

“Ekonomi rakyat serta fasilitas public seperti jalan, rumah ibadah, sekolah, dll harus menjadi skala prioritas pemerintah dalam meredam konflik yang terjadi di Ambon” kata Kardi

Kardi menghimbau kepada semua kader-kader GPI di seluruh Indonesia untuk tenang dalam menyikapi kerusuhan Ambon, jangan mudah terprovokasi.

“Islam mengajarkan di dalam al-Qur’an (Surat al-Hujarat ayat 6) agar umatnya meneliti terlebih dahulu kebenaran berita yang dibawa kaum fasik agar tidak mencelakakan suatu kaum karena kecerobohan” demikian  Kardi.[ian]