HMINEWS, Jakarta –  Pasca lebaran memang menjadi momen paling tepat untuk saling bermaaf-maafan dan membangun kembali silaturahmi yang pudar. Bagi umat Muslim di Indonesia, tradisi setelah lebaran adalah mengadakan Halal bi Halal atau yang populer dikenal dengan istilah Syawalan. Memanfaatkan momen tersebut, tokoh inisiator HMI-MPO Awalil Rizky menginisiasi Syawalan untuk para alumni HMI-MPO.

Hadir dalam acara tersebut adalah para mantan pentolan HMI-MPO seperti Ketua Komite Etik KPK Abdullah Hehamahua, Waki Ketua DPRRI Priyo Budi Santoso, Anggota Banggar DPRRI Tamsil Linrung, Anggota Komisi III DPRRI Ahmad Yani, tokoh Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Si Raja Demo Eggy Sudjana, dan beberapa tokoh lainnya.

Syawalan yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, 24 September 2011 tersebut memang menjadi media efektif untuk mencairkan suasana tokoh-tokoh nasional yang selama ini saling ‘tegang’.

Abdullah Hehamahua, Lukman Hakim dan Tamsil Linrung duduk bersama dalam Syawalan HMI-MPO

“Syawalan memang menjadi sarana silaturahmi yang paling efektif bagi para alumni HMI. Tak peduli kedudukan dan pangkatnya, syawalan menjadikan para mantan aktivis HMI melebur dalam suasana guyub dan cair tanpa melupakan unsur saling menasihati dalam kebaikan”, demikian kata Awalil. [] lk