HMINEWS, Jakarta – Ketua Komite Etik KPK Abdullah Hehamahua berjanji akan menyampaikan hasil kesimpulan terkait pemeriksaan terhadap Chanda M Hamzah atas dugaan pelanggaran etika pimpinan KPK, awal Oktober mendatang.

“Saat ini Komite sudah rampung membahas dan mendiskusikan hasil pemeriksaan terhadap sejumlah pihak, termasuk kepada jajaran pimpinan KPK dan Muhammad Nazaruddin”, kata mantan ketua umum PB HMI tersebut usai acara Syawalan HMI MPO di Hotel Bidakara, Pancoran, Sabtu, 24 September 2011.

“Insya Allah tanggal 4, 5, 6 Oktober 2011 hasilnya sudah akan dimumkan”, katanya. Karena ada jadwal yang harus disesuaikan dengan jadwal pimpinan KPK.

Seperti diketahui, Komite Etik mulai bekerja menelusuri dugaan pelanggaran kode etik sejumlah pimpinan KPK setelah bekas Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, melancarkan tudingan bahwa beberapa pimpinan KPK mempermainkan kasus.

Sebagaimana diberitakan oleh mass media, tersangka kasus mega korupsi M Nazaruddin menuduh Wakil Ketua KPK Chandra M. Hamzah pernah bertemu dengannya sebanyak lima kali dan dalam pertemuan keempatnya ada penyerahan duit senilai US$ 700 ribu ke Chandra. Duit itu diberikan terkait penanganan kasus pengadaan baju hansip dan e-KTP di KPK.

Dalam sebuah konferensi pers yang digelar beberapa hari lalu, Chandra menyanggah semua tudingan mantan anggota DPR tersebut. Ia mengakui pernah empat kali bertemu Nazar, namun pertemuan demi pertemuan itu tidak dalam membicarakan kasus Komisi. [] lara/tempo