HMINEWS – Kuliah di pagi hari hingga saat ini masih menjadi momok bagi sebagian mahasiswa. Banyak mahasiswa yang enggan untuk mengikuti kuliah di saat pagi hari. Padahal, sebaiknya mahasiswa mengikuti kelas kuliah pagi.

Mengapa? berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan St Lawrence University, New York, Amerika Serikat mahasiswa yang mengikuti kuliah pagi akan menerima nilai lebih baik dibandingkan kuliah siang.

Penelitian juga menunjukkan, mahasiswa yang kuliah siang, meski memiliki waktu tidur lebih banyak, nilainya di kelas di bawah rata-rata.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Psikologi, Serge Onyper dan Pamela Thacher ini, menemukan mahasiswa yang kuliahnya pada siang hari punya banyak waktu untuk tidur. Sayangnya, mereka juga memiliki lebih banyak waktu untuk keluyuran pada malam hari bersama teman-temannya. Di sisi lain, mahasiswa yang sadar harus kuliah pada pagi hari, cenderung menghindari keluyuran pada malam hari.

“Mereka yang memilih kelas pada siang hari juga cenderung tidur lebih lama dan mengkonsumsi lebih banyak alkohol serta zat lain. Sementara mereka yang kuliah pada pagi hari lebih termotivasi untuk mengimbangi waktu di pagi hari dengan membuat pilihan yang sehat atas hidup mereka sehari-hari,” jelas Thacher seperti dikutip dari Stlawu, Sabtu (10/9/2011).

“Efek dari kuliah pada siang atau malam hari mungkin menambah jam tidur. Tapi ini mungkin diimbangi dengan kualitas tidur yang lebih rendah yang pada akhirnya mempengaruhi kemampuan siswa untuk terlibat secara intelektual dengan kuliah mereka,” terang Tacher.

Dia menjelaskan, jam kuliah paling baik yang bisa diikuti mahasiswa adalah pada pukul 08.00 atau 08.30 pagi.

Sementara Onyper berspekulasi, mengonsumsi alkohol dalam jumlah lebih akan mengganggu kualitas tidur sehingga mengurangi manfaat tidur meski dengan jam tidur yang panjang.

Duo profesor psikologi ini melakukan penelitian atas 253 mahasiswa yang melakukan tugas kognitif. Para mahasiswa juga dicatat jam tidurnya selama satu minggu, serta kuesioner tentang tidur, jadwal kuliah, penggunaan zat dan suasana hati. [mam/oke]