HMINEWS – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66,  Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-H/Monusco yang tengah bertugas di Kongo, menggelar berbagai kegiatan, baik protokoler, sosial, maupun perlombaan-perlombaan, tak ubahnya seperti peringatan di tanah air.

Hari Minggu pagi (21/8) waktu Kongo, anggota Satgas Zeni TNI bergerak ke Desa Lemay, sebuah desa di pedalaman yang berjarak sekitar 20 km dari camp Bumi Nusantara Dungu. Seperti yang direncanakan sebelumnya, di desa tersebut digelar pengobatan massal bagi warga lokal dan berbagai perlombaan gembira seperti lomba balap karung, balap kelereng, memasukkan paku kedalam botol,  bakiak dan memukul kantong air dengan mata tertutup.

Menurut Komandan Satgas Konga XX-H/Monusco Letkol Czi Widiyanto, tujuan diadakannya kegiatan ini, selain untuk memeriahkan peringatan HUT RI, juga untuk membantu masyarakat lokal yang tidak mempunyai kesempatan untuk berobat karena berada di daerah yang terpencil.

Selain itu, juga untuk meningkatkan keakraban antara Prajurit TNI dengan masyarakat, terbukti dengan banyaknya warga lokal yang ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba yang digelar. Banyak masyarakat yang mungkin baru pertama kalinya dan sangat heran menyaksikan perlombaan tersebut, tetapi hal inilah yang membuat acara menjadi sangat meriah dan sempat terjadi kelucuan-kelucuan yang membuat semakin ramainya perlombaan.

Turut hadir juga dalam acara tersebut beberapa pemimpin lokal, baik sipil maupun militer. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang dan pemberian bingkisan kepada kepala desa setempat.