HMINEWS – PB HMI merencanakan untuk menerbitkan kembali Jurnal Universal. Jurnal yang dulu pernah menjadi icon intelektual HMI tersebut telah lama non-aktif dan kali ini ingin dihidupkan kembali oleh PB HMI. Hal tersebut guna terus menyemarakkan diskursus intelektual (pemikiran) di lingkungan warga HMI.

Ketua Komisi Pengembangan Intelektual dan Wacana PB HMI Bahrul Amsal menyampaikan bahwa  jurnal UNIVERSAL yang merupakan jurnal kajian pemikiran di lingkungan PB HMI.

“Kali ini, topik utama yang diangkat adalah: “Komunitas Kreatif sebagai Embrio Masyarakat Madani”. Komunitas inilah yang selanjutnya diharapkan menjadi penggerak, pelopor, pengispirasi, dan pelaku aktif dalam upaya mewujudkan suatu masyarakat berperadaban luhur (madani),” kata Bahrul.

Rubrik-rubrik dalam jurnal tersebut nantinya akan terdiri dari: Pertama, rubrik Gagasan Utama, yang memuat tulisan tentang pembahasan topik utama dari jurnal ini setiap edisinya; Kedua, rubrik Artikel, yang memuat tulisan yang tidak secara langsung membahas mengenai topik utama. Rubrik ini akan memperkaya perspektif pembaca tentang berbagai hal yang kira-kira mendukung pokok gagasan dari topik utama; Ketiga, rubrik Sastra, yang berisi cerpen dan/atau puisi; Keempat, rubrik Pustaka, yang berisi resensi buku; Kelima, rubrik Tokoh dan Pemikirannya, yang memuat profil tokoh inspiratif yang berasal dari lingkungan HMI.

Karena jurnal ini dimaksudkan untuk mempublikasikan diskursus pemikiran yang tengah berkembang di lingkungan HMI, maka jurnal ini hanya akan memuat tulisan yang berasal dari anggota dan/atau alumni HMI. Tulisan yang masuk akan diseleksi sepenuhnya oleh redaksi. Redaksi berhak melakukan editing, dengan tidak melakukan perubahan substansi terhadap isi tulisan.

Penulis yang tulisannya dimuat, insya Allah akan diberikan imbalan pahala oleh Allah SWT, serta akan dikirimkan jurnal UNIVERSAL edisi bersangkutan secara cuma-cuma. Tulisan harap dikirim ke email: sekretariat@pbhmi.net , dalam format file word (bukan pdf), paling lambat 10 Oktober 2011.

Format penulisan berbentuk kajian ilmiah (baik kajian pustaka maupun penelitian lapangan) yang dilengkapi dengan referensi. Jumlah halaman 10-15 lembar, kertas ukuran A4, spasi 1.5, dan menggunakan font Times New Roman 12 pt. Tulisan merupakan karya original penulisnya, yang sama sekali belum pernah dipublikasikan secara utuh di media cetak atau di media online manapun.

Menurut rencana, jurnal ini akan diluncurkan pada bulan November 2011 di Jakarta. Jika keadaan memungkinkan, maka jurnal ini direncanakan terbit sekali dalam empat bulan, atau paling tidak, sekali dalam enam bulan. [] lk