HMINEWS – Minggu (21/8/2011) sore menjelang di komplek Perumahan Dayu Permai, Yogyakarta. Terdengar hiruk-pikuk penghuni di salah satu rumah bernomor P-17. Sekilas terlihat sebagai rumah biasa yang terletak di tengah pemukima. Ternyata sedang berlangsung aktivitas menarik di sana.

Tak hanya sinetron atau komik saja yang berseri. Saat jelang berbuka puasa, Blok P-17 menawarkan serial diskusi pula. Acara ini mengangkat tokoh kontemporer dunia. World Class Citizen Discussion Series diselenggarakan oleh One Earth Integral Education Foundation (OEIEF) menyelami sosok Michael Jackson (MJ).

Walau bertajuk diskusi, “Ngabuburit bersama OEIEF” ini diawali dengan pemutaran mahakarya MJ. Berupa video klip dan film pendek. Semangatnya sama dengan yang dibagikan Jackson pada kita penghuni planet bumi. Peserta antusias dan serasa sekejap dibawa ke nostalgia masa lalu.

Dalam membawakan lagu MJ, hampir semua gubahannya sendiri. Sebut saja: We’re The World, Black or White, Earth Song, Wanna Be Startin’ Somethin’ dst. Peserta diskusi terkesima dengan sosok yang dalam posisinya sebagai Super Star masih mampu menginjakkan kakinya di bumi. Bahkan ia terkenal loyal terhadap kalangan yang kurang beruntung.

Lirik-lirik lagu Michael mengajak kita mengubah wajah dunia yang jelek menjadi lebih indah. Sehingga layak dihuni oleh kita semua. Perubahan itu mesti dimulai sekarang dan dari diri sendiri.

Kedinamisan Michael tak hanya tercermin dari lagu-lagunya yang nge-beat, tapi juga caranya mempresentasikan lewat lirik-lirik lewat tarian ala MJ. Setiap orang memiliki mimpi, kita pernah pula mengalami titik nadir dalam hidup. Hal ini bisa kita lihat dalam perjalanan hidup Michael.

Michael menemukan sebuah formula. Sosoknya hasil uji coba formula tersebut. MJ menciptakan kebesarannya dengan formula yang  ditemukan sendiri. Totalitasnya, kedinamisannya, dan mimpinya ialah sebuah dunia penuh damai dan kasih. Ia memiliki keyakinan dunia bisa menjadi lebih baik. Selain itu, Jackson pun menyuarakan dan bertindak sesuai keyakinannya. Inilah warisan abadi Michael untuk dunia.

One Earth Integral Education Foundation saat diskusi tentang Michael Jackson

Waktu bedug tiba dan berkumandanglah adzan Maghrib. Saat itu pula peserta dan penyelenggara menyelesaikan bait terakhir lagu Heal The World. Kita mempunyai pilihan dalam hidup. Apa pun yang menjadi pilihan kita masing-masing, jangan lupa untuk menjalaninya, melakoninya, dan berkarya. Menyitir kata-kata MJ, “Give it a try for your dream!” (Reporter: Amira Fawzia, Fotografer: Wayan Suriastini, Editor: T. Nugroho A)