HMINEWS – Hati-hati dengan campur tangan Australia di Papua. Persoalan separatisme di Papua menyusul sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan kelompok sipil bersenjata yang diduga Organisasi Papua Merdeka (OPM), disinyalir tidak terlepas dari campur tangan Australia.

Anggota Komisi I DPR-RI Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa letak geografis antara Papua dan Australia yang cukup berdekatan merupakan indikator kuat bahwa negeri kangruru tersebut berambisi untuk menguasai tanah Papua yang memiliki sumber daya alam melimpah.

Sebagaimana dikutip oleh Gressnews (16/8), Tjahjo kemudian mengingatkan bahwa lepasnya Timor Timur dari Indonesia merupakan bukti nyata bahwa Australia memiliki upaya mencerai-beraikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kasus yang muncul di Timor Timur kan sudah jelas bahwa Australia bermain. Tujuannya saat itu ingin ambil minyaknya. Sebab Celah Timor punya cadangan minyak yang banyak. Nah, sekarang Papua diobok-obok. Tujuannya tentu mengeruk emas lah,” ujar Sekjen PDI Perjuangan itu sebelum mengikuti sidang bersama DPD-DPR di Gedung DPR-RI, Jakarta (16/8). [] gress/lara