HMINEWS, Yogyakarta  – Ternyata tak perlu bersusah-payah untuk berjidah. Bagi para kaum muda mahasiswa, tenyata menuntut ilmu adalah bagian dari ber-jihad. Demikian sebagaimana disampaikan oleh Tokoh Cendekiawan Muslim Indonesia Prof. Dr. Azyumardi Azra dalam sebuah acara ramadhan di Yogyakarta (17/8).

“Anda disini melakukan Jihad Fisabilillah, sudah melakukan perjalanan jauh untuk menuntut ilmu” dan ilmu anda peroleh itu dipelajari dengan baik, karena semakin anda banyak mengkaji, insya Allah anda akan banyak menemukan pelajaran yang berharaga tentang ayat-ayat kauniah”, demikian kata Azyumardi Azra yang juga alumnus HMI tersebut.

Jadi, dibulan Ramadha ini, berjihad tidak musti melakukan perang di luar sana, melainkan bisa dengan dengan sungguh-sungguh menekuni ilmu pengetahuan dan mengaji, demikian komentar salah satu hadirin Muhammad Firdaus.

Dalam acara yang digelar di di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta tersebut, nampak hadir juga Walikota Yogyakarta yang sebentar lagi akan lengser Herry Zudianto. [] daus/lara