HMINEWS – Inna Lillahi wa inna Ilaihi Roji’un, Selasa 23 Agustus 2011, alumni HMI Banda Aceh dan mantan Menneg HAM  Hasballah M Saad  (63) meninggal dunia di Kompleks Taman Sari Persada Raya, Blok XXI/17, Jati Bening Bekasi. Almarhum yang juga menjadi anggota Komisi Nasional HAM periode 2000-2007 ini meninggal saat dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

Almarhum akan disemayamkan di kompleks Perumahan Taman Sari Persada Raya Blok 21 Nomor 17, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat.

“Keluarga akan membawa almarhum ke Aceh dengan pesawat Garuda pukul 10.50. Almarhum akan dimakamkan di Gampong Lameu, Kota Bakti, Pidie, Aceh,” ujar Elfian, tokoh muda Aceh yang juga Direktur Eksekutif Greenomics Indonesia.

Hasballah M Saad pernah aktif dalam politik nasional lewat Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional. Mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala tahun 1978 ini juga aktif dalam perjuangan HAM, antara lain dengan mendirikan Komite HAM Aceh.

Presiden Abdurrahman Wahid pun kemudian mengangkat almarhum, yang saat itu anggota DPR 1999, menjadi Menteri Negara Urusan HAM (1999-2000). Semasa muda, almarhum yang merupakan lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah dan sempat aktif mengajar di almamaternya ini giat membangun lembaga pendidikan.

Beberapa lembaga pendidikan tersebut adalah Pesantren Al-Furqon di Sigli, Universitas Jabal Ghafur di Pidie, Yayasan Pendidikan Putra Harapan Bangsa di Jakarta, dan Yayasan Modal Bangsa di Jakarta. [] lara